18 Dec 2017

5 Ide DIY Fashion Mudah untuk Natal dan Tahun Baru

Hallo J-pals! Musim Natal dan Tahun Baru begini, pasti banyak di antara kalian yang ingin tampil chic. Kalau dompet sedang sedikit menderita karena harus membeli kado, menyiapkan acara kumpul-kumpul dengan keluarga, dan pengeluaran akhir tahun lain, sebenarnya ada cara murah untuk punya baju "baru".

Kali ini, yuk kita ngomongin ide-ide mudah memermak baju-baju lama supaya tampil kinclong di akhir tahun. Kalian tak usah repot-repot menyiapkan banyak peralatan, cukup yang dasar saja: jarum dan benang, gunting, dan lem khusus kain


1.     Mutiara di kerah kemeja


Kalau kalian punya kemeja berkerah standar, coba cara yang satu ini. Siapkan butiran mutiara plastik yang bisa kamu beli di toko bahan prakarya atau jahit-menjahit. Tempelkan satu-persatu di kerah baju. Usahakan untuk menempelkan butiran mutiara dengan jarak yang sama. Untuk menghindari lem melebar ke mana-mana, gunakan kapas pentul untuk mengoleskan lem di mutiara. Kalau baju kecipratan lem, tak usah panik—baca cara menghilangkan bekas lem di sini.

2.     Brokat di gaun terusan selutut
Punya gaun terusan hitam selutut yang menurut kalian boring? Gaun terusan hitam memang bisa dipakai untuk acara apa saja (katanya), tapi tak ada salahnya juga "mendaur ulang" jadi sesuatu yang kelihatan baru. Beli satu rol pita brokat di toko bahan jahit-menjahit. Kamu bisa memilih warna yang mencolok untuk menciptakan kontras. Jahit atau gunakan lem khusus kain untuk menempelkannya di hem. Boring no more!

3.     Rumbai-rumbai (fringe) untuk gaun panjang
Atau, sebaliknya, kalian punya gaun panjang yang boring? Coba tambahkan rumbai-rumbai! Ide ini cocok untuk gaun berbahan suede palsu atau kulit imitasi–kalau dressnya berbahan kaos, rumbai-rumbainya akan jadi ikal. Ukur menggunakan meteran kain dan tandai dari mana kalian ingin fringe-nya mulai (idealnya sih, dari lutut). Tentukan pula lebar tiap rumbai agar terlihat rapi. Kalian juga bisa membuat garis-garis vertikal untuk memandu ketika menggunting.

4.     Kancing-kancing untuk ikat pinggang
Kalau kalian punya atasan yang butuh diselamatkan dari dasar lemari, coba trik kancing satu ini. Kumpulkan atau beli kancing-kancing berbagai ukuran dan bentuk. Perhatikan agar warna-warna kancing sesuai dengan warna baju. Jahitkan di pinggang baju sebagai ikat pinggang palsu. Hindari melakukan trik ini dengan atasan bermotif atau bercorak supaya tak terlihat terlalu meriah.

5.     Payet untuk ekstra bling
Payet bukan hanya untuk kebaya, loh! Coba kalian jalan-jalan ke toko khusus payet, sekarang ini ada banyak sekali pilihan bentuk dan warna yang bisa kalian coba untuk menghiasi kemeja, blus, rok, celana... Sekali lagi, pilih warna yang sesuai dengan warna pakaian. Kalian bisa berekseprimen menciptakan motif dengan payet di baju.

Kalau dihitung-hitung, biaya membeli perlengkapan yang kalian butuhkan tak sebesar membeli baju baru. Selain itu, kalian juga akan merasakan kepuasan mendaur ulang baju lama, alih-alih membuangnya dan membeli baju baru (go green!).


Kalau kalian tipe yang tak suka ber-DIY karena takut berantakan, tak usah takut mencobanya sekali-kali. Memang banyak noda yang bisa bikin senewen, misalnya cipratan lem di t-shirt kesayanganmu. Tapi cara menghilangkan bekas lem di baju mudah dicari, kok. Santai saja dan have fun dengan proyek DIY kalian!



No comments:

Post a Comment

Thank you so much for reading my blog <3
Comments are highly appreciated ^^ FAST RESPONSE >> Ask me on twitter : @iamfoodeater :)

You can always leave your blog URL then tell me if you have followed me ^^
I'll be really happy to follow you back ^^ On GFC, Google+ or Bloglovin <3 Thankyou ^^

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...