30 Mar 2018

Bahas Tuntas Hiperandrogen Bersama Guesehat.com dan Beautynesia

Good Morning J-Pals!
Selama ini aku tahunya hormon androgen itu hanya ada di laki laki, ternyata perempuan juga memproduksi dan memiliki hormon ini dalam tubuhnya, gunanya untuk menumbuhkan sel telur dan rambut. Keberadaan hormon androgen ini yang menjadi pembeda perempuan dan laki laki. Perempuan bisa hamil dan memiliki rambut (jarang kan lihat perempuan botak kecuali dia sengaja) ^^.





Pada kesempatan kali ini aku diundang oleh beautynesia.id dan diberikan kesempatan untuk menghadiri event guesehat.com pembawa acara nya cantik sekali yaitu, Dr.Haaekal Yassier A shari, M. Biomed (AAM), seorng dokter ahli estetika wajah dan anti aging pada acara talkshow bertajuk “Waspadai Hiperandrogen! Penyebab Jerawat Membandel pada Wanita”





Perlu kita ketahui, Hiperandrogen merupakan produksi atau sekresi androgen berlebihan yang dihasilkan oleh ovarium atau kelenjar adrenal. Gejala Hiperandrogen terjadi pada 10-20% wanita di Dunia. Gejala Klinis orang yang mengidap Hiperandrogen umumnya adalah jerawat parah atau hirsutisme.

Jerawat timbul ditandai dengan peningkatan produksi sebum/minyak dan proses keratinisasi yang berlebihan. Penyakit kulit (jerawat) ini bisanya dialami lebih dari 95% remaja usia 15-25 tahun. Tempat berkembang biaknya bakteri Propionibacterium acnes biasanya di folikel rambut, wajah, leher, dada, dan punggung. Penyebab jerawat pada orang dewasa adalah Gangguan hormon, mengkonsumsi rokok, Genetik, Stress, dan Faktor Eksternal seperti kosmetik dan obat-obatan.

Nah, Jerawat itu berbeda dengan Hiperandrogen. Hiperandrogen cenderung lebih sulit diatasi dibandingkan dengan jerawat biasa. Kemudian Hiperandrogen lebih parah dan berpotensi menimbulkan scar atau bekas luka. Hiperandrogen dapat tumbuh diarea tubuh denan densitas minyak yang banyak. Jerawat akibat Hiperandrogen biasanya dilihat dari produks minyak yang masih banyak meski sudah menggunakan obat oles dan oral.

Faktanya jerawat merupakan masalah medis dan sosial ekonomi. Mengapa demikian? Jerawat terjadi pada seseorang yang berusia sekitar 15-25 tahun. Kemudian pada tahun 1995 Diagnosis jerawat adalah diagnosis terbanyak di AS dengan total 10.2 Juta diagnosis. Obat oral untuk jerawat menghasilkan total biaya 2.1 miliar euro di seluruh dunia.


Selanjutnya kita akan membahas mengenai Seboroik. Seboroik merupakan penyakit kulit yang biasanya mengenai kulit kepala dan area tubuh yang berminyak seperti punggung, wajah, dahi, ketiak serta pangkal paha. Penyakit ini menyebabkan kulit berwarna merah, berketombe, serta bersisik.
Hirsutisme dialami oleh 5% dan 15% wanita masa reproduksi. Hirsutisme dialami oleh 70-80% pasien Hiperansrogen. Hirsutisme merupakan tumbuhnya rambut/bulu lebih pada wanita seperti pola pertumbuhan rambut pria seperti kumis.


Wanita dengan Hirsutisme  dapat mengalami ketakutan sosial yang tinggi secara signifikan bahkan takut berkumpul dengan sesame kolega kerja, bertemu orang atau bepergian berbelanja atau ke pesta. Wanita dengan Hirsutisme dapat mengalami kesulitan yang signifikan berupa ansietas,trauma emosional dan psikologis.
Pasti ada solusi terbaik yang dapat dilakukan yaitu mengikuti beberapa pilihan terapi:
-      Antiandrogens
-      Kontrasepsioral
-      Insulin-sensitizing drugs e.g. metformine
-      Benzoylperoxide
-      Antibiotic
-      Retinoids
-      GnRH analog
Antiandrogen (obat penghambat Androgen) dapat mencegah efek biologis atau kerja hormone androgen seperti testosterone, dihydrotestosterone di sel target/jaringan. Antiandrogen yang diresepkan untuk wanita supaya dapat menghindari jerawat, seboroik, hirsutisme, dan androgenic alopecia.
Obat penghambat androgen (antiandrogen) efektif dalam mengobati jerawt derajat sedamg sampai parah dan hirsutisme dan mempunyai profil keamanan yang baik pada populasi wanita usia reproduktif ketika digunakan sesuai anjuran penggunaan.
Dalam event kali ini, sangat seru karena ada juga instagram competition yang dimenangkan oleh kelima wanita hebat ini J




Dan untuk selanjutnya, kalian harus PeDe dengan apapun yang kalian miliki ya J-Pals! Tetap bersyukur dengan apa yang dimiliki dan jangan mudah menyerah dengan keadaan kalian sekarang and don’t forget to smile. ^^
Thankyou for your attention J

1 comment:

  1. Aku baru tau juga ternyata cewek juga punya hormon androgen. Takut juga ya kalo udah terkena hiperandrogen dimana jerawatnya susah ditangani dan bisa menyebabkan hal yang serius dikukit wajah. Jangan sampe deh harus mengonsumsi obat-obatan.

    ReplyDelete

Thank you so much for reading my blog <3
Comments are highly appreciated ^^ FAST RESPONSE >> Ask me on twitter : @iamfoodeater :)

You can always leave your blog URL then tell me if you have followed me ^^
I'll be really happy to follow you back ^^ On GFC, Google+ or Bloglovin <3 Thankyou ^^

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...