21 Apr 2014

B Blog’s, I A.M a Blogger

Salam sejahtera bagi para pembaca,
Hari ini saya akan menulis dalam bahasa Indonesia dan dengan gaya bahasa yang lebih formal karena hal tersebut saya rasa membuat saya lebih leluasa mengulas asal-usul mengapa saya membuat blog, motivasi saya dan berbagai hal sekitarnya.

Sebenarnya saya sudah memikirkan untuk menulis tentang hal ini suatu saat dan sepertinya sekaranglah waktu yang tepat.

Kenapa saya membuat blog?


Berawal dari sekedar tugas sekolah waktu SMP semata, saya iseng membuat blog yang hanya membahas uneg-uneg saya. Tentunya sebagai siswa SMP pada saat itu yang belum mengerti bahwa blog adalah sangat sangat jauh dari kata 'keisengan' atau hanya untuk menghabiskan waktu. 
Tidak benar paham akan blog, saya merasa bosan dan jauh lebih menikmati jejaring sosial seperti Facebook, MySpace dan sebagainya. Ketidaktahuan saya akan makna sebuah blog membuat saya merasa bahwa itu bukanlah awal sesungguhnya saya membuat blog.

Beberapa tahun kemudian, saya kembali membuat blog baru. Lagi-lagi saya belum paham benar akan passion yang bisa dirasakan saat blogging. Saya membuat segalanya tanpa pertimbangan matang. Namun, ketika saya mulai membuat post pertama saya, yaitu post simple tentang review sebuah produk kosmetik, saya mulai merasa "wah. Saya baru saja melakukan hal yang berguna! Mungkin 1 kali lagi..." Ya, itu baru hal kecil. 1 minggu kemudian, saya membuka dashboard blogger dan menemukan beberapa views pada post saya. Perasaan senang tersebut memotivasi saya untuk terus berbagi. Meskipun saya bukanlah orang yang suka membaca ataupun menulis, namun perasaan dapat berbagi dan saling mengenal yang didapat dari blogging membuat saya ingin terus mengembangkan blog saya. Ketika itulah saya sadar bahwa saya baru mengetahui tujuan saya membuat blog. Yaitu berbagi dan belajar berkembang.


Bagaimana saya memilih nama dan tema untuk blog saya?

NAMA

Seperti yang saya katakan tadi, blog ini bermula dengan pemikiran yang tidak matang, entah dari nama maupun temanya. Pada saat memilih domain 'iamfoodeater.blogspot.com' yang saya pikirkan hanyalah saya adalah manusia biasa yang selalu makan (^_^;)  dan dengan harapan saya dapat menulis apa saja di dalam blog ini dengan nama domain tersebut. Saya tidak memikirkan pembaca atau pun masa depan blog saya saat itu dan bahwa nama itu akan menjadi poin yang sangat penting.
Ketika saya mulai menulis review makeup pertama saya sebagai bahan sharing di blog ini, saya sudah memberi watermark dengan domain 'iamfoodeater.blogspot.com' dan terus menggunakannya di post-post saya berikutnya. Saya pikir hingga sekarang, tidak mungkin saya mundur dan mengulang semua karena juga akan membingungkan pembaca saya jika saya menggunakan nama domain baru. Jadilah nama domain blog saya dengan apa adanya saya, pemikiran sederhana dan polos seorang murid SMA tentang hidupnya. *hehehe

TEMA

Terkadang saya menggonta-ganti tema saya demi kenyamanan para pembaca agar tidak bosan dan merasa 'ayem' untuk blog-walking blog saya. Tetapi inti dari semua tema yang saya terapkan dalam blog saya adalah fun to read. Beberapa waktu lalu saya menggunakan tampilan 'pink motive' dengan nuansa pink dan motive bunga seperti batik modern. Untuk saat ini seperti yang dapat Anda lihat, saya menerapkan tampilan 'simple classy'. Segalanya serba simple dan saya menggunakan template dasar sekali dari Blogger, hanya memberi beberapa perubahan seperti custom template dan banner blog saya.


Keuntungan yang saya dapat selama menjadi blogger.


  • Komunitas
Tentu saja seperti yang mungkin sudah Anda ketahui, sebagai blogger tentunya saya akan masuk ke berbagain jaringan komunitas blogger. Saya mendapat lebih banyak kenalan dan teman, terutama yang memiliki ketertarikan dalam hal yang sama. Pengetahuan saya juga bertambah ketika saya berbagi dengan blogger lainnya. Dengan mengenal lebih banyak blogger, saya dapat berkerja sama dengan blogger lain (seperti membuat kolaborasi makeup, contohnya) dan mengembangkan blog kami bersama-sama. Pembaca blogger lain dapat mengenal saya, begitu pula pembaca saya dapat mengenal mereka. Mutualis bukan? 
Dengan tinggalnya di komuniti tersebut pula, saya belajar menjadi orang yang lebih sopan, berusaha menjaga attitude dan perilaku serta tata bahasa saya, terutama karena banyak blogger lainnya yang berusia lebih tua dari saya. Saya belajar berhubungan dengan mereka dengan santai namun tetap sopan dan menghormati yang lebih tua. 
  • Melatih kemampuan
Tentunya saya akan berusaha menulis dengan tata bahasa yang baik. Selama blogging, saya merasa seperti sedang berlatih menulis, kemampuan berbahasa saya, serta berkomunikasi dengan para pembaca. Jika bukan karena blogging, saya mungkin tidak termotivasi untuk mengasah kemampuan menulis dan berbahasa (terutama bahasa Inggris) saya. 
Tidak hanya skill di atas, saya juga belajar mengembangkan kemampuan merias / make up saya karena blogging. Juga kemampuan mengedit saya, mulai dari mengedit layout maupun foto-foto untuk review demi kenyamanan pembaca.
  • Sarana penambah pendapatan dan pemasaran
Dengan membuat post-post tertentu, memasang iklan dapat memberikan penghasilan tambahan. Dengan mengadakan blog sale juga menjadi kan barang-barang/make up tidak terpakai kita tidak terbuang sia-sia.
Selain itu, ketika orang melihat blog kita, bisa saja kita memiliki apa yang dicari mereka. Entah itu skill maupun barang. Dengan begitu akan lebih mudah menghubungkan konsumen / pencari jasa dengan kita.
  • Undangan dan sponsor
Adalah sebuah kehormatan ketika sebagai blogger kita dapat diundang ke berbagai event oleh berbagai instansi. Sama halnya dengan sponsor. Kita dapat mencoba produk mereka tanpa harus merogoh kocek, namun tentunya kita harus menulis pendapat kita tentang produk / event mereka. Menambah pengalaman yang menyenangkan!
  • Pencapaian / achievement
Seberjalannya saat-saat blogging, tanpa disadari beberapa achievement dapat saya raih, contohnya blog awards atau pun make up challenge untuk para blogger. Meski pun mungkin belum merupakan pecapaian yang besar saat ini, saya berharap ke depannya saya dapat mencapai sesuatu yang lebih besar melalui blog ini.


Tips dan Trick sebagai seorang blogger.

Mengenai tips dan trick sebagai blogger, sejujurnya saya merasa masih belum pantas memberi tips dan trick karena saya tahu sebagai blogger masih banyak sekali kekurangan saya. Namun dibawah ini saya ulas beberapa hal yang menjadi motivasi saya sebagai blogger untuk menjadi lebih baik dan lebih baik :


  • Bahasa
Bahasa yang ditulis sesuai ejaan yang benar, tidak terlalu bertele-tele, runtun, tidak menyalahi aturan/grammar, minim typo/kesalahan penulisan, minim kontroversi/perdebatan, mudah dimengerti dan ramah pemabaca tentulah akan lebih menyenangkan untuk dibaca. Sebaiknya post ditulis dalam bahasa yang dapat dimengerti semua orang (seperti bahasa Inggris) atau menyesuaikan mayoritas pembaca Anda.
  • Visualisasi post
Visualisasi post melingkupi foto-foto seperti review produk, tutorial atau apa pun itu sebaiknya disertai penjelasan yang jelas, foto tidak gelap atau buram, berukuran besar dan tidak mudah pecah. Semakin tinggi resolusi foto akan semakin baik. Semakin banyak foto menyegarkan mata, para pembaca pun pasti akan suka dengan postingan Anda.
  • Tampilan blog
Kenyamanan para pembaca sangat bergantung pada tampilan blog. Usahakan tampilan blog rapi, menampilkan hal-hal yang berkemungkinan dicari oleh sebagian besar pembaca, seperti gadget search, kolom archieve dan sejenisnya untuk mengatahui apa saja postingan di blog kita dengan mudah. Selain itu jangan menggunakan tulisan dengan background yang terlalu kontras maupun terlalu mirip warnanya, karena akan menyulitkan pembaca--atau memungkinkan kelelahan mata. Contohnya background hitam dengan tulisan merah terang. Atau background pink tua dengan tulisan pink. Jangan menggunakan font yang sulit dibaca. Tak ketinggalan, tampilan mobile / seluler juga perlu kita perhatikan agar para pembaca yang mengakses blog kita melalui tampilan seluler juga merasa nyaman untuk singgah di blog kita. Terkadang terlalu banyak button atau tombol akan menyulitkan pengguna layar kecil. Gadget yang terlalu ramai juga akan membuat loading halaman kita lebih lambat. Jadi sebaiknya pastikan bahwa gadget blog Anda adalah hal yang benar-benar memang penting adanya untuk dipasang.
  • Komitmen
Kita harus memiliki komitmen untuk rajin menyajikan post dalam kurun waktu yang dekat dan sering agar pembaca pun selalu penasaran dengan update terbaru di blog kita. Usahakan menyisihkan sedikit waktu untuk menyapa para pembaca dengan post-post baru Anda setiap bulannya.
  • Integritas
Tulisan yang fresh, original dan jujur juga merupakan kunci keberhasilan blog. Ketika kita mengambil gambar orang lain sebaiknya kita menulis kredit dari mana kita mendapat gambar tersebut, maupun informasi tersurat agar tidak berkesan menyalahi hak cipta orang lain. Diluar itu, ketika menulis review produk yang berisi pendapat kita, maka kita sepatutnya menulis perasaan jujur kita tentang produk tersebut. 
  • Mencari inspirasi
Belajar dari para blogger yang sudah lebih berpengalaman dan senior adalah hal yang tidak kalah penting. Kita dapat belajar untuk menampilkan post dengan lebih menarik, memilih topik tulisan yang lebih baik dan mendapat ilmu yang mungkin dapat kita jadikan dasar bahan tulisan yang dapat kita kembangkan kelak. 
  • Kreatif
"Kreatifitas selalu memancing rasa ingin tahu."
Sebagai blogger kita dituntut untuk menyajikan post yang kreatif. Pemilihan topik tulisan sebaiknya didasari dengan prediksi mengenai apa-apa saja yang sedang trending, yang belum banyak diketahui orang dan berguna, yang memikat perhatian pembaca. Semakin unik dan kreatif topiknya, tentu pembaca akan semakin penasaran!

Dan yang terakhir namun terpenting adalah...
Ketulusan dan tujuan. 
Ketika kita memiliki ketulusan untuk berbagi, maka blogging pun akan merasa menyenangkan dan Anda akan mengerjakan tiap detailnya dengan segenap hati, meskipun mungkin Anda bukanlah penggemar menulis ataupun membaca seperti saya.--^_^;;v Selain itu kita perlu untuk selalu memiliki tujuan dengan harapan akan selalu dapat memenuhi keinginan / kebutuhan pembaca. Dengan itu kita akan termotivasi untuk selalu menjadi blogger yang lebih baik dalam menyajikan post bagi para pembaca. 


Apa yang saya ketahui tentang B Blog?

Bblog (PT. Bina Blog Indonesia) adalah cabang dari CyberBuzz, Inc., yaitu perusahaan jaringan blog dan media sosial marketing no. 1 di Jepang. (merupakan bagian dari CyberAgent, Inc.)
Dengan bergabung dengan BBlog, Anda dapat mencoba produk-produk terbaru seperti makanan, kosmetik, fashion, gadget, travel dan sebagainya. Anda juga dapat menghadiri event eksklusif dan menjadi VIP sebagai undangan. Disana Anda dapat bertukar pendapat, beridiskusi dalam suatu talk show atau event. Twitter : @BBlog_ID, email : info@bblog.co.id.


BBlog sedang mengadakan kontes menulis terbuka bagi siapa saja dengan cara seperti yang tertera di bawah ini. Untuk lengkap nya silahkan klik link di bawah gambar ini. Good luck! :)
Hadiahnya terlalu menarik untuk dilewatkan!
Lenovo Vibe X, LG Google Nexus 5 dan uang tunai jutaan rupiah




Acara ini di organisir oleh B Blog Indonesia (link : www.bblog.web.id)
@princess_butik (link : www.instagram.com/princess_butik
@japansoftlens (link : www.instagram.com/japansoftlens
@keziashop (link : www.instagram.com/keziashop
@kissindonesia (link : www.instagram.com/kissindonesia
@lumiere_corner (link : www.instagram.com/lumiere_corner
@galerikuku (link : www.instagram.com/galerikuku)


Demikian post panjang saya kali ini, semoga dapat berguna bagi Anda.
Terima kasih dan Tuhan memberkati. :)

6 comments:

  1. Thanks for sharing the info, dear. Good luck for the competition :)

    xx,
    felishmichelle.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. nice post cecee ^^ aku jg pingin join tp dibawah 17 taun ga bisa hiksssssss T^T
    good luck ya ce :D

    jessicaalicia.com

    ReplyDelete
  3. keren.. dan menginspirasi nich mba... keep posting...

    ReplyDelete

Thank you so much for reading my blog <3
Comments are highly appreciated ^^ FAST RESPONSE >> Ask me on twitter : @iamfoodeater :)

You can always leave your blog URL then tell me if you have followed me ^^
I'll be really happy to follow you back ^^ On GFC, Google+ or Bloglovin <3 Thankyou ^^

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...